Saturday, April 27, 2019

Jenis-jenis penelitian Sosiologi

1. Penelitian menurut Tujuan
a. Penelitian terapan adalah penelitian yang diarahkan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah
b. Penelitian murni/dasar adalah penelitian yang dilakukan untuk memahami masalah dalam organisasi secara mendalam
.
2. Penelitian Menurut Metode
a. Penelitian survei, yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel sampel yang diambil dari populasi tersebut.
b. Penelitian ex post facto, yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dengan menurut ke belakang untuk  mengetahui factor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut.
c. Penelitian eksperimen, yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variable tertentu terhadap variable yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat.
d. Penelitian naturalistic atau sering disebut dengan metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alami (sebagai lawannya) dimana penelitian adalah instrument kunci.
e. Policy research, yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan pada, atau analisisterhadap masalah-masalah social yang mendasar.
f. Action research, merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan metode kerja paling efisien, sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produktivitas lembaga dapat meningkat.
g. Penelitian evaluasi, berkenaan dengan analisi yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu.
h. Penelitian sejarah, berkenaan dengan analisi yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu.

3. Penelitian Menurut Tingkat Eksplanasi
a. Tingkat eksplanasi, adalah tingkat penjelasan. Jadi penelitian eksplanasi adalan penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variable” yang diteliti serta hubungan antara satu variable dengan variable yang lain.
b. Penelitian deskriptif, adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variable mandiri.
c. Penelitian variabel komparatif, adalah suatu penelitian yang bersifat membandingkan.

d. Penelitian asosiatif/hubungan, merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih

4. Penelitian Menurut Jenis Data
a. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan data yang berbentuk kata, kalimat, skema, dan gambar
b. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan (scoring)

No comments:

Post a Comment

THE LITTLE MATCH GIRL ~ a translation of hans christian andersen's "den lille pige med svovlstikkerne"

  THE LITTLE MATCH GIRL Hari itu sangat dingin. Salju turun, dan hari hampir gelap. Malam tiba, malam terakhir tahun ini. Dalam cuaca dingin...