Wednesday, December 26, 2018

Latihan Soal Teks Eksplanasi- ESAI

Bahaya Rokok

Rokok adalah kertas yang berbentuk silinder dengan ukuarn sekira 70 – 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter 10 mm yang di dalamnya diisi daun-daun tembakau yang sebelumnya telah dicacah.
Rokok dibakar di salah satu ujungnya dan dinikmati oleh perokok dengan cara dihisap; dihirup lewat mulut di ujung lainnya.
Rokok biasa dijual dalam bungkusan berbentuk kemasan kertas atau kotak yang muat dalam saku. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkus rokok tersebut disertai pesan-pesan kesehatan yang memperingati para perokok agar tidak merokok dan menjaga kesehatannya. Peraturan terbaru mengenai kemasan rokok ini dibuat sedemikian rupa sehingga masyarakat dapat lebih waspada lagi.
Bahaya itu antara lain kanker paru-paru, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin. Akan tetapi kemudian peringatan itu hanya menjadi hiasan saja; tidak dipatuhi sama sekali.
Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok memang menyebabkan ketergantungan, disamping juga menyebabkan penyakit-penyakit berat seperti kanker, jantung, pernapasan, pencernaan, dll. Juga dapat membuat impotensi.
Zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok adalah:
1. Nikotin. Zat ini mengandung candu yang bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk terus-menerus menghisap rokok. Pengaruh lainnya yaitu dapat merusak jaringan otak secara perlahan.
2.   Tar, meerupakan bahan dasar pembuat aspal. Bahan ini dapat menempel pada paru-paru untuk kemudian menimbulkan iritasi bahkan kanker; meningkatkan produksi lender di paru-paru, membuhuh sel dalam saluran darah, dan menyebabkan kanker paru-paru.
3. Karbon Monoksida. Gas yang bisa menyebabkan penyakit jantung sebab gas ini sifatnya mengikat oksigen di dalam tubuh yang bertugas mengikat hemoglobin dan memperlancar peredaran darah.
4. Zat Karsinogen, zat ini dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.
5. Zat Iritan, zat ini mengotori saluran udara dan kantung udara di paru-paru. Dapat menyebabkan batuk.
Secara jelas kita sudah dapat melihat bagaimana paru-paru perokok mengalami perubahan warna. Paru-paru sehat itu berwarna merah muda; sementara paru-parunya para perokok berwarna kuning kecoklatan.
Selain itu, pada bagian trakea atau pipa udara paru berubah menjadi agak kecoklatan dan tersumbat. Itu semua adalah bahaya rokok. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita harus menjaga kesehatan dengan berhenti merokok dan menghindari asap rokok. Sehingga kita dapat menjaga kesehatan baik diri sendiri maupun orang-orang yang berada di sekitar kita.











Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Anomali

Di tengah kondisi dunia yang sedang krisis, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatat hasil positif. Pertumbuhan ekonomi triwulan kedua tahun ini mencapai 6,4 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Konsentrasi pertumbuhan tetap terpusat di Pulau Jawa dengan angka 57,5 persen.
Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I-2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I-2011 yang tumbuh sebesar 6,3 persen.
Namun menurut pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng, pertumbuhan ekonomi Indonesia tergolong anomali. Alasannya karena pertumbuhan ekonomi tidak diikuti peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Ada empat faktor, kata Daeng, yang membuat pertumbuhan ekonomi anomali. Pertama, ekonomi Indonesia digerakkan oleh utang luar negeri yang angkanya terus naik. ”Utang Indonesia terakumulasi mencapai Rp 2.870 triliun. Utang luar negeri bertambah setiap tahun. Utang selanjutnya menjadi sumber pendapatan utama pemerintah dan menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi,” paparnya.
Kedua, pertumbuhan ekonomi didorong oleh peningkatan konsumsi masyarakat yang bersumber dari naiknya harga sandang dan pangan, serta ditopang dari pertumbuhan kredit khususnya kredit konsumsi.
Faktor ketiga, pertumbuhan ekonomi didorong ekspor bahan mentah, seperti bahan tambang, migas, hasil perkebunan dan hutan, sehingga tidak banyak menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan. Terakhir, pertumbuhan ekonomi tidak hanya didorong oleh investasi luar negeri yang membuat sumber daya alam kian dikuasai asing, tetapi juga faktor perjanjian dan peraturan perundang-undangan yang tidak mendukung.
Pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, A Tony Prasetiantono menyatakan, sektor domestik mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. ”Transmisi krisis global melalui penurunan ekspor dan defisit neraca perdagangan baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Lagi pula, kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar,” kata Tony.
Hal senada disampaikan ekonom Mirza Adityaswara. Sejumlah sektor ekonomi dalam negeri tumbuh karena didorong oleh suku bunga rendah yang tampak dari tumbuhnya kredit 26-28 persen (tahunan) sekaligus didorong oleh harga bahan bakar minyak (BBM) yang rendah karena masih disubsidi.
”Maka dari itu, pertumbuhan tinggi dialami sektor yang berorientasi dalam negeri, seperti perdagangan, manufaktur, otomotif, transportasi, komunikasi, dan konstruksi,” kata Mirza. Dia menambahkan, akibat pertumbuhan tinggi sektor yang berorientasi dalam negeri, kecenderungan defisit neraca perdagangan akan semakin besar.
Menurut Tony, belanja pemerintah yang lebih cepat dan besar juga cukup membantu pertumbuhan. Seiring hal itu, inflasi yang terkendali di bawah 5 persen cukup membantu, meski hal tersebut ada efeknya, yaitu subsidi energi terus membengkak yang sebenarnya cenderung tidak sehat.




Apa yang Harus Anda Lakuakan Jika Terkena Tilang?

Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memperhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak  di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)!
Kedua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang  kembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak  berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas! 
Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.  












Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat berdasarkan teks di atas!
1. Termasuk jenis teks apakah teks pertama dan kedua? Kemukakanlah alasan Anda!
2. Tentukanlah struktur kedua teks tersebut!
3. Transmisi krisis global melalui penurunan ekspor dan defisit neraca perdagangan baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Lagi pula, kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar.
Makna kata yang dicetak miring pada kutipan teks di atas ialah....
4. Temukan dan tulislah masing-masing 2 konjungsi temporal, kausalitas, dan verba material serta rasional berdasarkan teks pertama!
5. Temukanlah masing-masing 1 konjungsi korelatif di setiap teks!(teks pertama satu konjungsi dan teks kedua pun satu konjungsi)
6. Buatlah ringkasan teks pertama yang berjudul “Bahaya Rokok”!
7. Tentukanlah struktur teks prosedur yang berjudul “ Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?”
8. Temukan dan tulislah minimal 2 kalimat deklaratif dan 2 kalimat imperatif berdasarkan teks prosedur tersebut!
9. Berdasarkan teks prosedur di atas, temukan dan tulislah 2 verba material dan tingkah laku!
10. Buatlah kesimpulan dari teks yang berjudul “ Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?”



No comments:

Post a Comment

THE LITTLE MATCH GIRL ~ a translation of hans christian andersen's "den lille pige med svovlstikkerne"

  THE LITTLE MATCH GIRL Hari itu sangat dingin. Salju turun, dan hari hampir gelap. Malam tiba, malam terakhir tahun ini. Dalam cuaca dingin...